Kenali 4 Jenis Freezer Untuk Menyimpan Frozen Food

 
Alat pendingin rumah tangga atau kulkas sudah menjadi keharusan bagi penghuninya. Kulkas memiliki dua ruang utama yakni pendingin (cooler) dan pembeku (freezer). Ada satu mesin pendingin yang berfungsi hanya membekukan makanan hingga dibawah -15 derajat celsius, yakni Freezer.  Alat pembeku ini tidak terlalu populer di rumah tangga, namun lebih banyak digunakan di toko makanan. Pada produsen makanan, freezer digunakan untuk membekukan makanan mentah seperti daging hingga berminggu-minggu, tentunya suhu yang sangat rendah berguna untuk mencegah berkembangnya bakteri merugikan.

Ada 4 jenis freezer yang tersedia di pasaran dan patut Anda ketahui.

1. Chest Freezer
Memiliki kapasitas mulai dari 100 liter dan 200 liter merupakan freezer paling ekonomis karena desainnya cukup sederhana berbentuk seperti kotak peti dibandingkan freezer jenis lainnya. Posisi pintu menghadap keatas sedikit merepotkan menakses makanan dan  menyulitkan untuk mengmbil makanan yang berada di dasar wadah. Selain itu perlu head room agar tidak menghalangi saat pintu di buka. Pengaturan makanan juga menjadi sulit, makanya chest freezer dilengkapi dengan baki-baki yang dapat digantung. Namun dengan harga paling terjangkau, chest freezer memiliki peminat yang tidak sedikit.

2. Drawer Freezer
Umumnya digunakan dapur besar komersil seperti restoran. Drawer freezer berarti memiliki desain kabinet dengan tumpukan laci yang memudahkan pemiliknya memilah jenis makanan tanpa takut tercampur.  Desain laci juga memudahkan pengguna untuk mengambil makanan dari freezer.


3. Upright Freezer
Desain mirip seperti chest freezer yang diberdirikan sehingga memiliki pintu bukaan samping.  Upright freezer lebih mahal dari chest freezer, namun pengguna mendapatkan kenyamanan mengakses makanan eperti layaknya membuka pintu lemari.


4. Portable freezer
Sengaja dirancang untuk kebutuhan mobile atau aktivitas outdoor. Sumber daya portable freezer dapat berasala dari tegangan AC PLN atau DC. Pada saat berada didalam mobil bisa menggunakan sumber DC 12 V.


Dengan kapasitas freezer kulkas yang sangat terbatas jika Anda sering menyimpan frozen food dalam jumlah besar maka sebaiknya membeli chest freezer atau upright freezer ukuran 100 liter sudah cukup untuk kebutuhan rumah tangga.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan

Cara Mudah dan Praktis Membuat Kaki Naga