Apa itu Frozen Food atau Makanan Beku?


Penggunaan istilah "makanan beku" tidak sepopuler dengan istilah asing "frozen food" walaupun memiliki makna yang sama.  Orang memang lebih suka menyebutkan forzen food ketimbang makan beku.

Apa itu frozen food? frozen food merupakan makanan yang siap saji dibekukan dalam suhu sangat rendah yang biasanya disimpan dalam freezer atau kulkas, perabot listrik yang umum dimiliki oleh setiap rumah tangga. Tujuan pembekuan makanan adalah mengawetkan makanan hingga waktu diinginkan untuk di makan dengan cara dicair, dipanaskan, dikukus atau digoreng. Pada awalnya makanan yang dibekukan merupakan hasil pertanian dan peternakan dalam keadaan mentah dengan maksud kualitas tetap terjada selama waktu distribusi ke pasar atau konsumen. Namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen akan keinginan dan kemudahan dalam mengolah makanan, maka makanan siap saji juga dapat dibekukan. Tentunya, dengan metoda pengolahan yang berbeda dengan makanan mentah.

Di negara-negara maju frozen food sudah menjadi pengananan sehari-hari. Namun jangan salah, kebutuhan frozen food terus meningkat di kalangan konsumen Indonesia dikarenakan praktis dan umumnya memiliki cita rasa lezat yang telah distandarisasi.

Kritikus makanan sendiri tidak lepas memberikan penilaian negatif dan juga postif terhadapa frozen food. Dalam beberapa aspek negatif untuk kesehatan dianggap bakteri yang tersimpan dalam makanan tersebut. Namun hal ini terbantah jika pengolah an dilakukan dengan benar dan produsen memerhatikan faktor kebersihan. Kemudian, kadar protein yang turun akibat pembekuaan masih menjadi perbincangan ahli gizi. Kenyataannya konsumsi  frozen food bukanlah hal yang baru di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika dan juga Jepang.

Dimana kita bisa mendapatkan frozen food? Hampir semua gerai atau toko makanan, seperti indomaret, alfamaret, hypermat, hero, giant, family mart bahkan toko kecil sekalipun menawarkan berbagai jenis frozen food yang siap kita dinikmati di rumah atau disimpan dahulu untuk kemudian.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan

Cara Mudah dan Praktis Membuat Kaki Naga

Kenali 4 Jenis Freezer Untuk Menyimpan Frozen Food