Jangan Salah Pilih Terigu Untuk Frozen Food



Tepung terigu merupakan bahan dasar untuk berbagai makanan mulai dari roti, kue basah/kering hingga gorengan. Termasuk frozen food juga menggunakan terigu sebagai salahsatu bahan dasar. Perlu diperhatikan bahwa terigu memiliki 3 jenis yang perlu diketahui. Alih-alih membuat kue mengembang malah bisa menjadi bantat jika salah memilih jenis terigu.

3 jenis terigu yang perlu Anda ketahui
1. Terigu protein rendah
Sesuai dengan namanya, terigu ini memiliki kandungan protein paling rendah dari jenis dibawahnya. Kandungan protein bisanya tidak lebih dari 11 persen. Dengan nilai protein yang rendah, terigu jenis ini tidak  menghasillkan gluten yang tinggi, sehingga cocok untuk bahan kue kering dengan tekstur ringan dan renyah.

2. Terigu protein sedang
Terigu jenis ini berada ditengah-tengah dengan kandungan protein antara 11 sampai 13 persen dan sering disebut terigu serba guna karena cocok untuk dibuat olahan jenis apapun..Beberapa kue kering yang menggunakan terigu protein sedang tetap memiliki tekstur dan renyah namun tidak getas atau hancur ketika matang.

3. Terigu protein tinggi
Untuk menghasilkan gluten lebih tinggi bisa menggunakan terigu protein tinggi yang memiliki kandungan protein muali dari 13 hingga 14 persen. Dengan kandungan gluten yang dihasilkan dapat membuat makanan menjadi lebih kenyal dan elastis tinggi seperti mie dan roti.

Sebelum beranjak dari artikel ini. Apa itu gluten? Gluten adalah senyawa asam amino yang membentuk rongga tak beraturan semacam serat kasar dan merupakan bagian dari protein yang terkandung dalam pati. Gluten bersifat kedap udara, sehingga terigu yang mengandung lebih banyak gluten memiliki kemampuan mengikat udara lebih banyak. Dengan sifatnya, terigu protein tinggi dapat mengembang dengan baik pada olahan seperti roti.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan

Cara Mudah dan Praktis Membuat Kaki Naga

Kenali 4 Jenis Freezer Untuk Menyimpan Frozen Food