Begini Cara Menyajikan Frozen Food Dengan Benar


Menyajikan frozen food sungguh mudah karena pada dasarnya merupakan makanan matang dan kita tinggal menghangatkannya saja baik dengan digoreng, dikukus, direbus. Namun, kita perlu mengetahui cara menyajikan makanan beku ini dengan benar agar rasa tidak berubah bahkan terpapar dari bakteri yang merugikan kesehatan.

Begini cara menyajikan frozen food dengan benar yang perlu kita ketahui.

Mencairkan makanan beku

Banyak konsumen berpikir dengan membiarkan frozen food dalam ruangan terbuka berjam-jam merupakan cara yang benar. kenyataannya meninggalkan makan beku dalam ruangan terbuka selama berjam-jam dapat meningkatkan resiko terpapar bakteri atau bertambahnya bakteri yang selama ini ikut dibekukan ketika suhu makanan merangkak naik. Jika terpaksa, cukup berada dalam ruangan terbuka tidak lebih dari dua jam saja.

Jika frozen food menggunakan kemasan rapat dan kedap seperti nugget, sosis dan lainnya sebaiknya direndam dalam wadah berisi air bersuhu ruangan bukan air hangat untuk mempercepat peluruhan suhu makan tersebut. Setidaknya hanya perlu waktu 30 menit. Ganti air rendaman jika dirasa suhu masih terlalu rendah. Namun jika tidak memiliki kemasan yang kedap air, sebaiknya menggunakan pembungkus yang kedap air sebelum direndam.

Jika ingin menyantap dalam waktu lebih panjang. Kita juga dapat meletakkan frozen food didalam kabin/ruang defrooze yang biasanya berada tepat di bagian bawah freezer kulkas. Merupakan kabin tersebut memiliki pintu sehingga memiliki suhu sedikit lebih hangat dari bagian dalam kulkas lainnya.

Bagaimana dengan penggunaan microwave? Kita bisa mengatur  daya pancar microwave paling rendah. Walaupun tergolong cara paling cepat namun tidak cocok untuk makanan yang memiliki ukuran besar, karena perubahan suhu terkadang tidak merata.

Setelah suhu frozen food telah mencapai (mendekati) suhu ruangan, kita sudah bisa menghangatkannya baik degan digoren atu cara lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan

Cara Mudah dan Praktis Membuat Kaki Naga

Kenali 4 Jenis Freezer Untuk Menyimpan Frozen Food