Begini Cara Memastikan Frozen Food Aman Simpan


Kuliner frozen food sudah lazim menjadi konsumsi masyarakat baik kalangan atas maupun bawah. Kepraktisan dalam pengolahan menjadi keunggulan produk makanan beku ini. Namun perlu diketahui frozen food agar aman dikonsumsi bagi kesehatan terutama setelah disimpan jangka waktu panjang.

Begini cara memastikan frozen food aman disimpan hingga dikonsumsi

Perhatikan tanggal kadaluarsa
Saat membeli frozen food, Anda harus memastikan tanggal kadaluarsa masih dalam jangkuan yang aman. Misalnya jika kita hendak menyimpan hingga satu bulan kedepan pastikan tanggal kadaluarsa minimal satu bulan.

Belilah frozen food paling akhir
Kebiasaan kita berbelanja di supermarket untuk konsumsi selama satu bulan sehingga membutuhkan waktu mulai dari memilih, berkeliling untuk mendapatkan barang kebutuhan yang diinginkan. Bahkan berbelanaja di supermarket bisa menghabiskan waktu hingga satu jam lebih. Pastikan mengambil frozen food pada akhir waktu belanja sebelum menuju ke kasir pembayaran. Tujuannya mengurangi masa pencairan yang berkepanjangan yang bisa menurunkan daya awetnya.

Perhatikan kemasan frozen food
Kemasan menjadi faktor yang perlu diperhatikan.  Dalam berbelanja hindari kemasan yang telah bocor yang berarti udara luar telah masuk. Udara yang masuk dapat menyebabkan proses oksidasi yang bisa merubah rasa kuliner beku ini. Anda bisa juga mengamati jika telah terjadi bunga es yang berlebihan didalam kemasan, berarti frozen food tersebut pernah mengalami proses pencairan.

Simpan dalam wadah terpisah
Freezer (kulkas) memang tempat ideal untuk membekukan berbagai jenis makanan. Namun sebaiknya hindari mencampur frozen food dengan bahan makan mentah yang juga dibekukan seperti daging mentah. Simpan frozen food dalam wadah terpisah, demikian juga daging mentah sebaiknya memiliki wadah tersendiri.

Perhatikan suhu freezer stabil
Perubahan suha freezer yang tidak stabil dapat mengurangi daya tahan frozen food. Hindari membuka pintu freezer berlama-lama.

Dengan menerapkan poin-poin diatas, Anda dapat menyimpan frozen food hingga enam bulan. Namun yang patut diperhatikan mengkombinasikan kuliner frozen food dengan bahan makanan segar seperti sayuran harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan

Cara Mudah dan Praktis Membuat Kaki Naga

Kenali 4 Jenis Freezer Untuk Menyimpan Frozen Food